Salah satu masalah yang kerap sekali menyerang seseorang adalah insomnia. Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya akan kesulitan untuk tidur walaupun memiliki kesempatan.

Dan biasanya kesulitan tidur ini atau disebut insomnia diakibatkan oleh banyak hal seperti tidak teraturnya waktu hingga pola hidup yang tidak sehat.

3. faktor lingkungan

1. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein tinggi

Bukan tanpa sebab apabila orang tua akan melarang anaknya untuk mengkonsumsi kopi saat malam hari. Ternyata kopi dapat memicu insomnia. Rasanya kopi minuman berkafein lainnya seperti teh juga tidak boleh tidak konsumsi apabila kita ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ada baiknya ketika kita hendak tidur lebih memilih mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau susu rendah lemak karena kandungan yang terdapat pada jenis makanan dan minuman tersebut cukup baik untuk tubuh dan dapat membuat kita mudah untuk tidur.

2. Seseorang yang tengah stress

Stress memang tidak bisa kita kan bisa datang kapan pun dan dimana pun. Ternyata stress juga dapat memicu insomnia karena pikiran akan terus dipaksa untuk memikir dan disinilah tubuh kita akan sulit rileks walaupun kita telah berbaring dalam kurun waktu yang lama.

Hal ini karena secara tidak langsung stress dapat memberikan perintah untuk tidak tidur. Oleh sebab itulah apabila anda mengalami stress maka ada baiknya untuk segera melakukan relaksasi seperti berendam dengan air hangat ataupun melakukan yoga.

Kegiatan ini dipercaya mampu mengurangi kadar stress pada tubuh sehingga kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan terhindar dari insomnia.

3. Faktor lingkungan

Tak hanya itu Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi tidur anda. Apabila lingkungan tidur anda tidak nyaman seperti dekat dengan kebisingan maka kita akan sulit untuk tidur atau ketika ketidaknyamanan itu sendiri berasal dari kamar kita maka kita perlu untuk melakukan renovasi besar-besaran terhadap ruang kamar kita.

Ada baiknya anda memilih desain kamar yang sesuai dengan keinginan kita dan apabila lingkungan di sekitar berisik maka ada baiknya untuk memasang peredam suara. Selain itu Usahakan ketika kita tidur untuk mematikan lampu karena cahaya lampu yang terang akan mempersulit kita untuk terlelap.

4. Tidak memiliki jadwal tidur yang tetap

Apakah kita memiliki jadwal tidur hari kerja dan akhir pekan yang berbeda Maka jangan harapkan untuk mendapat kualitas tidur yang lebih baik. Tidak sedikit saat ini yang menghabiskan waktu malam untuk terjaga saat akhir pekan untuk menghabiskan waktu melakukan kegiatan yang disukai.

Tetapi bisa saja pada saat Minggu malam anda justru mendapati diri Anda terjaga saat larut malam dan bukan tidak mungkin di hari selanjutnya kita juga akan terserang insomnia kembali. Selain itu, tidur siang juga dapat memicu kesulitan saat akan tidur malam hari. Kendati demikian tidur siang juga dibutuhkan saat tubuh kita lelah tetapi dalam waktu yang wajar.